7 Sungai Terpanjang Di Indonesia



7. Sungai Bengawan Solo



7 Sungai Terpanjang Di Indonesia [ www.BlogApaAja.com ]

Sungai Bengawan Solo merupakan sungaiterpanjang yg ada di Pulau Jawa (namun bukan terpanjang di Indonesia ya gan).Panjang sungai ini mencapai 548 km. Hulu sungai ini berada di daerah PegununganKidul, Wonogiri (Jawa tengah) dan bermuara di Gresik (Jawa Timur). Adapun daerahyg dilewatin sungai ini mulai dari Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten,Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongandan akhirnya Gresik.

6. Sungai Mamberamo



7 Sungai Terpanjang Di Indonesia [ www.BlogApaAja.com ]

Sungai Mamberamo merupakan sungai terpanjangdi Papua, dengan total sepanjang 670 km. Sungai ini ada di Kabupaten Sarmi.Sungai ini punya potensi listrik bertenaga air terbesar di Indonesia dan bioetanol yg melimpah ruah gan. Kondisi geologinya juga sarat akan bahan galianseperti emas, tembaga, bauksit dan nikel. Jadi nggak heran kalo sungai inidisebut-sebut sebagai AMAZON-nya Indonesia.

5. Sungai Musi



7 Sungai Terpanjang Di Indonesia [ www.BlogApaAja.com ]

Sungai Musi disebut juga sebagai BatanghariSembilan, yg artinya Sembilan Sungai Besar. Panjang sungai ini mencapai 750 kmdan membelah Provinsi Sumatera Selatan dari arah timur ke barat termasukmembelah kota Palembang. Kalo jembatan yg membelah Sungai Musi ini namanyaJembatan Ampera gan. Jembatan ini panjangnya lebih dari 1 km dan lebar kuranglebih 22 m. Diresmi"in sama presiden RI yg pertama dan bahkan menjadi jembatanterbesar pada masa itu.

4. Sungai Batanghari



7 Sungai Terpanjang Di Indonesia [ www.BlogApaAja.com ]

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjangdi Pulau Sumatera dengan total panjang mencapai 800 km. Sungai yg ada diProvinsi Jambi ini sebenernya potensial dijadiin "river cruise" aliaspesiar sungai. Kan keren tuh gan, sore-sore sambil nikmatin sunset naek pesiardi atas sungai. Cuman sayangnya belom ada pegelolaan yg mantap.

3. Sungai Barito







7 Sungai Terpanjang Di Indonesia [ www.BlogApaAja.com ]





Sungai Barito merupakan sungai terpanjangketiga di Indonesia dengan total panjang 900 km gan. Sungai ini ada di ProvinsiKalimatan Selatan. Satu hal yg unik dari sungai ini adalah kegiatan pasarterapung. Jadi transaksi antara penjual dan pembeli terjadi di atasperahu-perahu kecil gitu. Ane pernah ke Banjarmasin tp belom liat sungai danaktivitas pasar terapung ini gan, one day maybe.

2. Sungai Mahakam



7 Sungai Terpanjang Di Indonesia [ www.BlogApaAja.com ]

Nah, kalo yg ini sungai di kota ane gan yaituSungai Mahakam. Sungai sepanjang 920 km ini punya hulu di Kecamatan Long Apari(di Kab. Kutai Barat sana gan) dan bermuara di Selat Makassar. Sebenernya kalodikelola dengan maksimal, bukan mustahil wisata pesiar juga bisa dieksplor darisungai ini. Soalnya makin ke hulu makin eksotis gan. Dulu, di sungai ini adasatwa yg dilindungi yaitu lumba-lumba air tawar atau lebih dikenal dengan IkanPesut. Tapi sekarang sepertinya udah jarang banget ditemuin gan, ane ajapuluhan taon hidup di Samarinda belom pernah liat sosok aslinya ikan pesutmahakam seperti apa. Kalo di Samarinda, Sungai Mahakam ini membelah Samarindadengan Samarinda Seberang.

1. Sungai Kapuas



7 Sungai Terpanjang Di Indonesia [ www.BlogApaAja.com ]

Dansungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yg ada di ProvinsiKalimantan Barat ini punya total panjang 1.178 km. Sungai yg juga dikenaldengan nama Sungai Batang Lawai ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakatterutama masyarakat Dayak dan Melayu yg tinggal di sepanjang aliran sungai inigan.

Follow On Twitter