Wih, Ikan Ini Punya Penis Bercabang 4!



Wih, Ikan Ini Punya Penis Bercabang 4! [ www.BlogApaAja.com ]

Ilmuwan menemukan spesies ikan baru diMeksiko. Pejantan spesies itu bagaikan monster karena memiliki kelamin serupapenis bercabang empat berbentuk seperti kait. Kelamin yang bercabangmemudahkannya "memegang" si betina selama perkawinan.

Ikan yang hidup di air tawar itu dinamakan Ilanos mosquitofish atau Gambusia quadruncus. Tim ilmuwan yangdipimpin oleh Brian Langerhans dari North Carolina State Universitymemublikasikan temuan itu di Journal of Fish Biology.

Langerhans menjelaskan, alat kelamin jantanyang memiliki kait ini mungkin saja merupakan salah satu cara merespon ataumenolak serta pertahanan dirioleh individu betina.

"Biasanya, reproduksi adalah sesuatu yang"mahal" bagi betina, jadi para betina memilih untuk mengurangi reproduksidengan pasangan jantan yang kurang berkualitas. Sebaliknya, bagi pejantan,reproduksi adalah sesuatu yang murah, sehingga pejantan berupaya kawin dengansebanyak mungkin betina," kata Langerhans seperti dikutip Livescience.

Betina spesies Gambusia quadruncus memilikijaringan berbentuk bola besar yang menutupi sebagian besar pori genital. Alatkelamin bercabang empat ini bisa membantu ikan jantan mengatasi halangan itudan sukses mentransfer sperma ke tubuh betina. Fertilisasi Gambusia quadruncusberlangsung internal atau di dalam tubuh.

Spesies dengan keunikan pada alat kelaminnyabukan pertama kali ditemukan. Juli lalu, ilmuwan memublikasikan temuan ikandengan kelamin di kepala di jurnal Zootaxa. Spesies itu ditemukan di Vietnam.

Selain keunikan pada kelamin, Langerhans jugamenguraikan kekhasan lain Gambusia quadruncus. Anus betina spesies iniberwarna-warni. Ia menguraikan, hal itu merupakan adaptasi untuk memberipetunjuk pada pejantan dimana letak pori genital serta menyatakan statusreproduksi. Fitur itu juga berguna mencegah cross-breeding.


Follow On Twitter