7 Tanduk Dinosaurus Yang Menakjubkan



1. Kosmoceratops



7 Tanduk Dinosaurus Yang Menakjubkan [ www.BlogApaAja.com ]

Salah satu Dinosaurus yang terakhir ditemukanfosilnya ini kami tempatkan pada urutan pertama. Karena Kosmoceratops inimemiliki sedikitnya 13 tanduk di kepalanya.!!(15 jika menghitung tanduk padarahangnya.). Ilmuwan menamakannya "Dinosaurus paling cantik" karena hiasannyayang sangat banyak,. Tanduk - tanduk yang ada di bagian depan wajahnya adalahtanduk yang tidak terlihat untuk menyerang, tapi lebih digunakan untuk menakutipredator dan saingannya. Dinosaurus ini diperkirakan hidup di Amerika Utara,Fosilnya ditemukan di Utah, negara bagian di Amerika barat.

2. Coahuilaceratops



7 Tanduk Dinosaurus Yang Menakjubkan [ www.BlogApaAja.com ]

Coahuilaceratops magnacerna sangat miripdengan Pentaceratops, jenis Dinosaurus paling terkenal yang telah disebutkan dipendahuluan di atas. Fosil dinosaurus ini ditemukan di sebelah utara Meksiko,Coahuila. Dia memiliki sebuah tanduk di atas hidungnya, dan sepasang tanduk dibagian atas yang merupakan tanduk terbesar diantara dinosaurus bertanduklainnya. Panjangnya kira - kira 1.5 meter. Nama sebutannya (magnacuerna hornsberarti tanduk besar). Walaupun ada yang memperkirakan beratnya hingga 12 tons(2 kali berat T-rex), namun sebenarnya beratnya hanya sekitar 5 ton, seukurangajah dengan panjang 7 meter. Hal ini dijelaskan pada tahun 2010 ini, yangmerupakan salah satu tambahan keterangan tentang ceratopsian ini.

3. Rubeosaurus



7 Tanduk Dinosaurus Yang Menakjubkan [ www.BlogApaAja.com ]

Rubeosaurus dulunya dimasukan pada spesiesStyracosaurus. Ukuran tanduk pada rumbainya lebih kecil dari Styracosaurus,tetapi tanduk di hidungnya sangat besar, sehingga sangat pantas disebut sebagaisenjata yang sangat berbahaya. Tidak seperti tanduk pada Badak, yang secarakeseluruhan terbuat dari keratin (protein penyusun rambut dan kuku),Rubeosaurus, dan kebanyakan ceratopsians, tersusun atas sel tulang penuh, yangdilapisi oleh keratin. Keratin biasanya tidak bisa menjadi fosil, sehinggadiperkirakan tanduk ceratopsians ini lebih panjang dan tajam pada saat diamasih hidup dari pada fosil nya yang telah ditemukan. Sayangnya, tanpa lapisankeratin yang tersisa, tidak mungkin ukuran sebenarnya dapat diperkirakan.Bagian tanduk unik dari Rubeosaurus ini adalah tanduk yang ada di bagian atasrumbainya. Terdapat sepasang tanduk yang saling bertemu, sehingga membentuksegitiga.

4. Diabloceratops



7 Tanduk Dinosaurus Yang Menakjubkan [ www.BlogApaAja.com ]

Diabloceratops berarti "wajah setanbertanduk". Fosilnya ditemukan di Utah. Dinosaurus ini memiliki tanduk padahidung yang kecil., tetapi tanduk pada keningnya sangat besar, dan tanduk yangada di rumbainya jauh lebih besar lagi.

Keempat tandunya itu, dengan dua buah tandukyang ada di keningnya, membuat penampilannya sangat aneh, sangat berbeda dengandinosaurus lain yang pernah ditemukan. Diabloceratops diperkirakan sebagaidinosaurus bertanduk yang primitif, karena memiliki beberapa persamaan anatomidengan protoceratosids. Rahangnya sangat padat dan kuat, serta tanduk dantubuhnya sangat kokoh, sehingga diperkirakan dinosaurus ini menggunakannyauntuk melawan predator yang mengancam mereka.

5. Einiosaurus



7 Tanduk Dinosaurus Yang Menakjubkan [ www.BlogApaAja.com ]

Fosil Einiosaurus ditemukan pada tahun 1985,dan diberi nama pada tahun 1995. Namanya berarti "Kadal bison". Walaupun sangatdekat dengan Styracisaurus, dia memiliki tampilan yang berbeda. Dia hanyamemiliki dua tanduk yang panjang dan lurus di rumbai kepalanya , dan sebuah tandukaneh, "pesek", dan melengkung ke depan di atas hidungnya, sehingga terlihatseperti pembuka botol. Walaupun tanduk di bagian hidungnya tidak terlihatsebagai senjata yang efektif, tapi tanduk lurus yang ada di rumbainya mungkindigunakan untuk bertahan dari berbagai karnifora, salah satunya mencegahserangan pada punggungnya. Seperti Pachyrhinosaurus, Einiosaurus diketahu hidupdi habitat yang luas. Fosil dinosaurus ini ditemukan di daerah Montana.

6. Styracosaurus



7 Tanduk Dinosaurus Yang Menakjubkan [ www.BlogApaAja.com ]

Walaupun dinosaurus ini salah satu dinosaurusklasik dan telah diketahui sejak tahun 1913, Styracosaurus telah menjadikandirinya sebagai salah satu ceratposians yang spektakuler. Dia memiliki sebuatandukyang panjang dan berbahaya di bagian moncongnya, dan enam tanduk lainnyadi bagian rumbainya (sehingga ia diberinama yang artinya reptile berduri).Dinosaurus ini terlihat sangat menakutkan, sehingga dimungkinkan banyakpredator yang tidak berani untuk secara langsung berhadapan dengan dinosaurusini. Dinosaurus ini panjangnya sekitar 5.5 meter dengan berat sekitar 3 ton.Fosilnya ditemukan di Kanada.

7. Pentaceratops



7 Tanduk Dinosaurus Yang Menakjubkan [ www.BlogApaAja.com ]

Pentaceratops sering dikatakan memiliki tulangtengkorak terbesar dari semua hewan darat ( walaupun meungkin Torosaurus danEotriceratops mampu menyainginya). Namanya berarti "Muka bertanduk lima".Sebenarnya mungkin ada salah perhitungan dan perkiraan, karena kedua tandukyang ada, sebenarnya merupakan tulang epujugal (seperti duri yang timbul daritulang dekat matanya) yang banyak dimiliki ceratopsians, tapi ukurannya sangatbesar pada Pentaceratops ini. Rumbainya memiliki dua lubang atau "fenestrae"yang dilapisi oleh kulit ketika masih hidup.

Para ahli Paleontology yakn bahwa kulit iniberwarna cerah dan digunakan untuk menakuti predator dan menantang saingandalam spesies yang sama. Bahkan ada yang berspelulasi bahwa mereka mampumengganti warna dan corak dari kulit ini seperti bunglon. Dinosaurus iniditemukan di Meksiko, dengan panjang 8 meter dan berat 5.5 ton.!


Follow On Twitter